Desa Wisata untuk Liburan di Jogja

Desa Wisata untuk Liburan di Jogja, Jogja tenar dengan kebudayaan dan pariwisata domestik maupun mancanegara. Jogja tidak sanggup lepas identitasnya sebagai pusat kebudayaan Jawa dengan normalitas suku Jawa yang konsisten dilestarikan, Jogja ditetapkan sebagai City of Culture ASEAN yaitu penghargaan atas pelestarian budaya yang diberikan oleh Forum ASEAN Ministers Responsible for Culture and Arts (AMCA) ke-8.

Kentalnya kebudayaan yang ada, menyebabkan Jogja banyak menghadirkan area wisata untuk liburan yang sama juga dengan keunikan budayanya, tidak benar satunya diwujudkan dengan Desa Wisata. Sebagai potensi pariwisata di Jogja, Desa Wisata menghadirkan ketenangan dan keasrian alam yang jadi energi tarik wisatawan baik mancanegara maupun domestik.

Selain itu, keunikan Desa Wisata di Jogja adalah keadaan tradisional khas perdesaan Jawa dilengkapi dengan kentalnya budaya Jogja akan cocok jadi obyek wisata kala liburan di Jogja. Keramah-tamahan penduduk dan kesederhanaan jadi pengalaman yang sanggup memikat wisatawan kala berlibur di Desa Wisata Objek Wisata Jogja yang Murah Meriah dan Instagramable

Jadi kala liburan ke Jogja, kudu bagi Anda untuk datang ke tidak benar satu Desa Wisata dibawah ini. Nikmati keadaan perdesaan dengan suguhan energi tarik wisata yang berlainan – beda di setiap Desa Wisata. Berikut 5 saran Desa Wisata yang sanggup jadi obyek wisata kala liburan ke Jogja:

Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo menyajikan panorama luasnya area perkebunan teh, hutan pinus, dan sunrise di Puncak Suroloyo. Sebagai desa wisata alam, Desa Wisata Nglinggo menawarkan tantangan untuk tracking ke Curug Watu Jonggol. Perjalanan ke air terjun tersebut kudu di lewati dengan medan yang cukup terjal, tapi hal ini akan terbayarkan dengan keindahan air terjun yang fresh nan asri, cocok sekali untuk liburan Anda bukan! Liburan di Yogya? Bisa Bayar Hotel 1 Malam untuk 2 Malam

Banyak sekali kegiatan yang sanggup dilaksanakan sementara liburan ke Desa Wisata Nglinggo. Wisatawan sanggup merasakan kehidupan pedesaan yang tetap tradisional. Wisatawan sanggup belajar dan berinteraksi dengan penduduk lebih kurang untuk belajar menyebabkan kuliner lokal seperti gula aren dan geblek, atau belajar kebudayaan tradisional seperti jathilan, tari lengger tapeng, sampai menyebabkan topeng.

Desa ini terletak di kawasan perbukitan yang berada di kawasan perdesaan di Jogja, tepatnya di Kabupaten Kulon Progo. Desa Wisata Nglinggo sanggup ditempuh kurang lebih 60-90 menit dengan kendaraan bermotor dari Kota Yogyakarta paket wisata yogyakarta murah .

Desa Wisata Tanjung

Sejak tahun 2001, Desa Wisata Tanjung ini terasa menawarkan energi tarik wisata dengan keunikan wisata pertanian. Wisatawan sanggup liburan sambil belajar perihal cara bercocok tanam padi terasa dari memproses tanah pakai kerbau, menanam bibit padi, memanen padi, sampai nasi tersaji di atas meja makan. Desa Wisata Tanjung termasuk dikenal sebagai produsen beras berkwalitas baik di Jogja.

Selain pertanian, Desa Wisata Tanjung termasuk menyuguhkan wisata budaya. Wisatawan yang datang ke Desa Wisata Tanjung, biasanya akan beroleh suguhan kesenian tradisional angguk putri. Di Desa Wisata Tanjung terkandung kesenian pekbung, jathilan, tari klasik, hadroh, sholawatan dan karawitan. Tidak jarang para penduduk pun mengajak wisatawan yang datang untuk bermain kesenian bersama. Bagi Anda yang tertarik dengan batik, di Desa Wisata Tanjung tersedia perajin batik yang siap memperlihatkan kemahirannya di dalam membatik.

Desa Wisata Tanjung yang beralamat di Dusun Tanjung, Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Jogja, jadi tidak benar-benar menghabiskan sementara untuk perjalanan menuju ke sana.

Desa Wisata Kemadang

Desa Wisata Kemadang merupakan wisata dengan tema kawasan pesisir atau pantai. Sebesar 70 % warga di desa ini bekerja sebagai pelaku bisnis wisata terasa dari jasa penginapan, bisnis kuliner, sampai jasa parkir. Jadi tidak heran jika Desa Wisata Kemadang dinobatkan sebagai desa paling baik se-Jogja.

Mungkin bagi Anda warga Jogja telah kerap liburan ke Desa Wisata Kemadang. Pantai Baron, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup, Pantai Watu Kodok, dan Pantai Ngrawe merupakan energi tarik wisata di Desa Wisata Kemadang. Semua pantai yang berada di kawasan Desa Kemadang telah berkembang dengan baik dan mempunyai sarana yang lengkap. Mulai dari toilet, area parkir, warung makan, sampai penginapan.

Lokasi Desa Wisata Kemadang ini berada di Kabupaten Gunung Kidul. Jarak dari pusat Kota Jogja adalah sejauh 40 km ke arah selatan, jadi persiapkan bekal yang cukup jika idamkan liburan ke pantai – pantai yang tersedia di Desa Wisata Kemadang.

Desa Wisata Ketingan

Keunikan dari Desa Wisata Ketingan adalah ada populasi burung kuntul (sejenis bangau) yang semenjak tahun 1990-an bermigrasi ke desa dan belum diyakini keberadaannya tersedia di area lain. Sehingga Desa Wisata Ketingan ini menawarkan kegiatan birdwatching atau mengamati burung kepada wisatawan, khususnya bagi mereka yang menyukai dunia fauna.

Atraksi wisata lainnya adalah pada bulan September wisatawan sanggup lihat acara rutinitas Merti Bumi yang menampilkan bermacam pertunjukan seni seperti kirab, kenduri, dan pagelaran wayang. Merti Bumi sendiri dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta atas hasil bumi yang melimpah.

Bagi Anda yang idamkan menghabiskan liburan di Desa Wisata Ketingan, kudu diingat bahwa desa wisata ini berada di Desa Tirtoadi, Kabupaten Sleman yang terletak 3 km dari Pusat Jogja. Selama di Desa Wisata Ketingan Anda akan menikmati kicauan Burung Kuntul yang merdu dan menenangkan hati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Penting Celemek dalam Kebersihan dan Keamanan di Dapur Restoran

Tips Menghindari Penyusun Pajak yang Licik

Apa itu Membangun Backlink?